Loading the content... Loading depends on your connection speed!

Manfaat Daun Jati Cina Untuk Kesehatan

Jati china (Senna Alexandrina) atau daun senna adalah salah satu jenis tanaman hias yang mana bagian daunnya di ketahui memiliki kemampuan sebagai obat herbal yang telah di gunakan sejak dulu dengan berbagai manfaatnya yang cukup variatif bagi kesehatan. Tanaman ini sendiri memiliki pertumbuhan yang sangat cepat di daerah tropis. Sehingga sangat memungkinkan, jika pada lingkungan sekitar, kita menemukan tanaman obat herbal yang satu ini.

Pada umumnya, penggunaan daun jati china sendiri sering kali di manfaatkan sebagai teh herbal yang di seduh, yang mana bisa anda beli di apotik ataupun pasar swalayan terdekat. Cara pengolahannya siapkan 1 sdt teh daun jati cina kering dan seduh dengan menggunakan 1 gelas air panas mendidih. Dan setelah itu aduk-aduk sebentar dan anda bisa mengonsumsi 2x sehari, setiap kalinya 1 gelas. Meski begitu, tidak sedikit juga dari penggunaannya yang mengolahnya dengan mengonsumsi air rebusan daun jati cina segar.

Khasiat dan manfaat daun jati cina bagi kesehatan

Tak hanya mampu melangsingkan badan dengan cepat, kegunaan teh daun jati cina juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh lainnya. Menurut dari beberapa sumber terpercaya yang kami temukan hal tersebut di karena kandungan yang terdapat di dalamnya berupa senyawa glikosida, senna dan resveratrol. Nah, dari berbagai zat inilah di peroleh berbagai manfaat yang cukup besar untuk kinerja tubuh kita. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda simak informasi berikut.

Setidaknya terdapat 8 khasiat teh daun jati china bagi kesehatan yang diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Bertindak sebagai obat pencahar atau pencuci perut alami. Hal tersebut karena daun ini bersifat laxative, yang berarti mampu melonggarkan atau membukakan usus dan sangat cocok di gunakan bagi penderita sembelit.
  • Mengatasi sembelit dan susah BAB. Manfaat yang satu ini masih terkait dengan efek laxative yang telah kami jelaskan sebelumnya.
  • Mengandung sifat anti-inflamasi yang berguna untuk mencegah sekaligus mengatasi peradangan juga pembengkakan.
  • Bersifat sebagai anti-racun, yang bekerja untuk menetralkan racun di dalam tubuh.
  • Mengurangi selera makan. Hal ini sangat baik dalam penyerapan klori sehingga sangat baik untuk diet.
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
  • Mempercepat pelunturan lemak di dalam tubuh.
  • Membersihkan darah kotor, yang mana juga terkait dalam mengatasi dan menghilangkan jerawat.

Apakah daun jati cina mengandung efek samping?

Selain manfaat, ternyata daun jati cina juga mengandung beberapa dampak bagi kesehatan jika di konsumsi terlalu berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama. Adapun efek samping daun jati china diantaranya seperti terjadinya gangguan pada organ ginjal, mengganggu metabolisme tubuh dan pencernaan. Bahkan daun ini juga dapat berdampak meningkatnya produksi dan tekanan darah yang dapat menuju ke hipertensi. Bahkan dampak lainnya dapat terjadi pada wanita yang tengah menstruasi berupa kram perut, perut kembung hingga ketidaknyamanan.

Dan setelah mempertimbangkan kesemua efek samping di atas, maka kami tidak menyarankan ramuan bahkan teh daun jati cina di konsumsi oleh wanita hamil, menstruasi maupun menyusui.