Teh Pelangsing Alami, Daun Jati Cina

Akar Wangi
 
Akar Wangi (Vitiveria zizanioides)
Price:
  IDR 125.000 / Kilogram
Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan
Minimum Order:
 
Form:
 
Kemasan:
  Plastik
Pembayaran:
  T/T,Western Union
Bank Transfer:
   
Rek. 0371926533
a/n. Kiki Amelia
Rek. 1130005945542
a/n. Kiki Amelia
Deskripsi Produk:

Akar wangi memiliki nama ilmiah Vetiveria zizanioide. Akar wangi merupakan tanaman rumput yang tumbuh tegak hingga dapat mencapai tinggi 1 hingga 2,5 meter.

Tanaman yang termasuk kedalam family poaceae ini masih sekeluarga dengan tanaman serai dan padi. Tanaman akar wangi adalah tanaman sejenis rumput yang berasal dari India dan dapat tumbuh sepanjang tahun. Sebagian orang pun mengenal serta menggunakan tanaman ini sebagai wewangian.

Akar wangi memiliki batang yang tumbuh tegak, namun lunak. Warna batangnya putih dan dengan ruas-ruas di sekeliling batang. Tanaman akar wangi memiliki akar serabut dan berwarna kuning. Salah satu ciri yang menjadikan tanaman ini dinamakan akar wangi adalah karena akarnya memang mengeluarkan wangi yang cukup pekat.

Dengan menjemur akar tanaman ini sampai benar-benar kering maka akan mengeluarkan aroma wangi yang berasal dari minyak atsiri yang dapat digunakan sebagai pengharum lemari pakaian atau barang penting lainnya. Penggunaan minyak dalam industri wewangian cukup luas menjadikan tanaman ini sebagai salah satu komoditas perdaganangan minor.

Bunga
Bunga tanaman berkhasiat ini bentuknya menyerupai padi, namun berduri dan berwarna putih kotor. Sedangkan bunga tanaman obat ini, tumbuh di ujung batang dan memiliki bentuk bulir.

Daun
Daun akar wangi berbentuk pita atau seperti daun serai. Daunnya berwarna hijau segar dan kaku. Panjangnya bisa mencapai 1 meter.

Kandungan
Dalam tanaman akar wangi terdapat beberapa kandungan utama diantaranya adalah vetiverol, vetiveron, asam vetivena, vetiverol ester, asam benzoate, dan asam palmitat.

Dari namanya “Akar Wangi”, orang sudah bisa menebak bagian mana yang paling banyak dimanfaatkan. Akar tanaman ini memang memiliki bau yang khas. Hal ini yang menjadikan ia sebagai salah satu komoditi penting dalam industri wewangian, meski pemasarannya masih tergolong minor. Bau wangi yang ada di akar tanaman ini bersumber dari minyak atsiri yang memang terkandung di setiap bagian akar. Jika diurai secara detil, minyak atsiri ini terdiri atas vetiveron, vetiverin, veton serta vetivazulen. Selain minyak atsiri, akar tanaman ini juga mengandung hars dan zat pahit.

 

Khasiat Akar Wangi

Berbicara soal khasiat, sesungguhnya tanaman ini tak hanya bermanfaat pada bagian akarnya. Daun dan batangnya pun bisa dimanfaatkan. Batang akar wangi ini bisa digunakan sebagai bahan baku kerajinan. Sementara itu daunnya bisa diolah menjadi minyak (selain bagian akarnya tentunya). Tanaman ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi sebab menjadi bahan baku pembuatan sabun mandi, kosmetik, parfum dan pewangi. Aroma menggoda dari Akar Wangi ini sesungguhnya berasal dari minyak atsiri yang melimpah pada akarnya.

Selain itu, di Indonesia, tanaman Akar Wangi juga dikenal sebagai herba obat. Ia banyak dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat ramuan tradisional. Konon sebagai obat, Akar Wangi bisa digunakan sebagai obat gosok, obat kumur, obat rematik, meringankan luka akibat gigitan ular, mengobati luka, encok, pegal linu dan masih banyak lagi lainnya. Oh iya, akar wangi ini juga banyak digunakan sebagai pengusir nyamuk alami. Serangga yang satu itu memang membenci bau minyak atsiri.

Akar wangi merupakan bahan yang digunakan untuk menghasilkan minyak vetiveria ( minyak essensial ) yang dibutuhkan dalam industri kosmetik, parfum serta sabun mandi. Akar wangi juga dapat digunakan untuk mengusir serangga. Bahan-bahan akar wangi dapat digunakan sebagai obat kumur serta obat gosok. Manfaat dan khasiat akar wangi sebagai tanaman obat, antara lain :

  • Menghilangkan bau mulut dan mengobati sakit gigi
  • Mengobati pegal linu, encok dan rematik.
  • Mengobati luka.
  • Mengobati luka bekas gigitan ular, tawon, dan kalajengking.

Cara Pemakaian

Ambil akar wangi rebus dengan air secukupnya. Untuk rematik dan luka luar lainnya, gunakan akar wangi yang sudah direbus untuk ditempelkan di luka tersebut. Untuk perawatan mulut, gunakan air rebus tersebut sebagai kumur.

Artikel & Produk Terbaru Mahkotadewa.Net




Informasi Pemesanan

0813 2806 7858
0838 682 5258
0852 0080 0058
0852 0080 0058
2B447E40

    

Like Facebook